Manfaatkan DD, Pemdes Jatisari Revitalisasi Pasar Hewan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Salah satu upaya untuk menggerakan unit-unit usaha strategis bagi usaha ekonomi kolektif desa, pemerintah desa (Pemdes) Jatisari, Senori kembangkan pasar desa. Dengan memanfaatkan Dana Desa (DD), pemerintah bergerak meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

Salah satunya, kegiatan pengembangan pasar hewan. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan para pedagang hewan saat bertransaksi.

"Revitalisasi pasar hewan tersebut, guna mendorong terciptanya peningkatan ekonomi masyarakat kami," ujar Kepal Desa (Kades) Jatisari, Wahyu Setiawan, Sabtu (28/1/2017).

Dijelaskan Kades, pasar hewan merupakan salah satu unit usaha yang bisa dijalankan oleh masyarakat desa untuk memasarkan produk-produk peternakan. Selain itu, pasar hewan sebagai sumber pendapatan bagi Pemerintahan Desa.

"Semoga setelah adanya pengembangan para pedagang hewan bisa lebih nyaman dan pendapatannya ikut meningkat," tandasnya.

Dari mana dana revitalisasi pasar tersebut? Ditegaskan Wawan, sapaan akrabnya, untuk melakukan revitalisasi pasar hewan yang berukuran 4X28 meter itu memanfaatkan DD sebesar Rp15 juta. "Biayanya kita ambilkan dari Dana Desa," pungkasnya.[rof/ito]