Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sejak berakhirnya kontrak tenaga pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) pada 31/12/2016 lalu, hingga saat ini belum ada perpanjangan kontrak berupa Surat Perintah Tugas (SPT). Kendati demikian, Tenaga Ahli (TA), P3MD beserta Pendamping Desa (PD) maupun Pendamping Lokal Desa (PLD) Kabupaten Tuban tetap memfasilitasi pendampingan Desa.

"Meski SPT belum keluar, pendampingan tetap berjalan," ungkap Salah satu TA P3MD Kabupaten Tuban, Muhimmudin kepada blokTuban.com, Kamis (26/1/2017).

Dijelaskan Muhim, pada tanggal 2/1/2017 keluar surat dari Dirjen PPMD bahwa Bappemas Jawa Timur segera untuk memperpanjang kontrak. Untuk itu, tenaga pendamping Tuban yang terdiri dari TA 6 orang, PD 34 orang, dan PLD 70 orang, hingga saat ini masih terus melakukan koordinasi dan pendampingan di area tugas masing-masing.

Kapan akan diperpanjang? Menurut Muhim, bulan depan. Alasannya pada tanggal 7/2/2017 ada agenda verifikasi di Kantor Bappemas Jawa Timur kota Surabaya.

Ketika disinggung alasan molornya perpanjangan tersebut, pihaknya mengatakan adanya informasi pergantian Kepala Bappemas di Jawa Timur, sehingga perpanjangan akan dilakukan bulan depan.

"Intinya, sambil menunggu SPT turun teman pendamping tetap solid melakukan pendampingan," tutupnya menegaskan. [rof/col]