Tingkatkan SDM, LAZISNU akan Bersinergi dengan PT SG

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Lembaga Amal, Zakat, Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Tuban menggelar pertemuan bersama sejumlah pejabat Bina Lingkungan PT Semen Gresik (SG) di Kantor PT SG, Tuban Jawa Timur, Kamis (26/1/2017).

Dari pertemuan tersebut, berembus kabar LAZISNU Tuban berencana melakukan sinergi program dengan PT SG. Di ruang Kabag Bina Lingkungan dan CSR, kedua belah pihak sudah melakukan penjajagan program, utamanya untuk warga Ring I PT Semen Gresik yang meliputi, Kecamatan Kerek, Merakurak, Jenu, Tambakboyo dan Tuban.

Apa programnya? Bentuk sinergi programnya masih akan dilakukan diskusi lanjutan sampai diputuskan program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat maupun perusahaan plat merah tersebut.

"Awal silaturahmi baru proses penjajagan untuk sinergi gerakan. Dalam kesempatan itu kita serahkan profil LAZISNU Tuban," tutur ketua LAZISNU Tuban, Muhtarom Khusnan kepada blokTuban.com, Kamis (26/1/2017).

Dijelaskan Muhtarom, setelah adanya pertemuan tadi, pihaknya akan melaporkan lebih dahulu hasil diskusi dengan PT Semen Gresik, baik ke LAZISNU Pusat maupun NU Cabang Tuban. Setelah itu, baru akan dilakukan rapat kerja untuk membahasnya.

“Ini awal yang baik, kami akan terus mematangkannya sehingga program LAZISNU bisa bersinergi dengan program Bina Lingkungan maupun CSR PT Semen Gresik,” tandas Muhtarom.

Secara terpisah Kasi Humas PT Semen Gresik, Sani Yuwono menyampaikan hal yang sama. Dari pertemuan awal bersama segenap pengurus LAZISNU Tuban, akan ada diskusi lanjutan untuk membicarakan program yang bersinergi.

“Tadi baru pertemuan awal dengan teman-teman LAZISNU, ke depan akan ada pertemuan lanjutan untuk menentukan program yang akan kita sepakati,” ungkap Sani Yuwono usai mendampingi sejumlah pejabat Bina Lingkungan PT Semen Gresik melakukan pertemuan dengan LAZISNU Tuban.

Data yang diperoleh blokTuban.com, sinergisitas antara PT Semen Indonesia (SI) dengan PCNU Tuban yang diwakili LAZISNU, sejalan dengan yang dilakukan PBNU dengan PT Semen Indonesia.

Di pusat, Ketua Umum PBNU telah menandatangani nota kesepahaman bersama (MoU) dengan Direktur Utama PT SI, Rizkan Chandra di Kantor Pusat PBNU Jakarta beberapa waktu lalu. PT SI berkomitmen mendukung program NU Peduli yang digagas PBNU.

Selain itu, PT SI juga telah menyerahkan bantuan 5.000 sak semen melalui program NU Peduli. Bantuan itu merupakan bentuk kepedulian PT SI terhadap permasalah warga, utamanya warga Nahdliyin.[rof/col]