Jaga Populasi, Kenduruan Ajukan 3.000 Bibit Kelapa

Reporter: Mochamad Nur rofiq

blokTuban.com – Mengantisipasi kepunahan pohon kelapa, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang ada di Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban mengajukan ribuan bibit kelapa untuk nantinya disalurkan ke petani. Tujuannya untuk meremajakan populasi pohon  kelapa, akibat kerusakan di tahun 2016.

“Untuk menjaga populasi pohon kelapa di Kecamatan Kenduruan, kita sudah ajukan 3.000 pohon kelapa ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban untuk program tanam di tahun 2017,” ungkap Kepala UPT Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Keduruan, Sugiharto, Rabu (25/1/2017).

Menurut dia, bibit tersebut nantinya akan dibagikan kepada kelompok tani, agar ditanam untuk menggantikan tanaman yang tidak produktif. Lanjutnya, saat ini pihaknya sedang menunggu bibit tersebut dari realisasi APBD Kabupaten Tuban tahun ini.

“Saat ini masih proses pengadaan, harapannya tahun 2017 bisa terealisasi,” Sugiharto Menandaskan.

Masih Sugiharto, ketika sudah terealisasi, bibit tersebut nantinya akan didistribusikan ke tiga desa yaitu, Sokogrenjeng, Tawaran, dan Sokogunung. Untuk ukuran lahan, dari jumlah bibit diperkirakan bisa ditanam pada lahan seluas sekitar 30 hektare.

Diberitakan sebelumnya, di akhir tahun 2016 tercatat jumlah populasi pohon kelapa di Kecamatan Kenduruan terdapat 24 hektar tanaman belum menghasilkan (TBM) dan 184 hektare tanaman menghasilkan (TM). Dari jumlah total tanaman pohon kelapa yang ada, 36 hektare rusak akibat diserang hama kuwawung.[rof/col]