Pembangunan Fisik dan Pengentasan Kemiskinan Jadi Prioritas

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Bulan ini, masing-masing desa harus rampung dalam menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes). Hal tersebut disampaikan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Jatirogo, Prawito saat ditemui blokTuban.com di kantornya, Rabu (18/1/2017).

Pihaknya menekankan, agar semua kepala desa memprioritaskan pembangunan fisik. Pasalnya, infrastruktur desa masih banyak yang perlu dibenahi lantaran masyarakat masih banyak yang mengeluh.

"Tahun ini perencanaan belanja dana desa masih diprioritaskan pada pembangunan fisik, karena masih banyak infrastruktur yang kurang memadai," terang Prawito.

Selain itu, terkait pengurangan masyarakat miskin, pihaknya juga berharap agar desa-desa di tahun 2017 bisa merumuskan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Menurut Prawito, Pemerintah Desa (Pemdes) bisa memanfaatkan dana desa yang dikucurkan Pemerintah Pusat minimal Rp50 juta. Dengan begitu, ekonomi kerakyatan akan tumbuh dan bisa mengurangi angka kemiskinan.

"Selain pembangunan fisik, kita juga tekankan masing-masing desa tahun ini bisa terwujud, minimal satu desa satu BUMDes," tegasnya. [rof/ito]