Dekranas Pusat Survei Awal Pembinaan Tenun Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Pusat didampingi dengan Tim Dewan Kerajinan Daerah dan Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Tuban melakukan survei awal kerajinan tenun di Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Survey awal tersebut dalam rangka pembinaan dan pengembangan tenun Tuban, hadir juga dalam acara tersebut, Rabu (18/1/2017) sejumlah pengurus Dekranas Pusat. Di antaranya, Triana Rudiantara selaku Wakil Ketua Harian, Bendahara Dekranas Pusat, Andi Marcelya Hamid Awaludin, Desainer dan Pengurus Dekranas Bidang Daya Saing Produk, Wignyo Rahadi dan Tri Reni Budiharti selaku Koordinator Bidang Administrasi.

Wakil Ketua Harian Dekranas, Triana Rudiantara mengatakan, tujuan dari survei awal kerajinan tenun di Desa Margorejo ini merupakan program Dekranas untuk membina tenun di Nusantara.

"Kebetulan Tuban ini kami pilih dari salah satu enam program tenun yang akan dibina secara lanjut," ungkapnya kepada blokTuban.com.

Menurutnya, Kecamatan Kerek mempunyai keunikan yang komplit, dari hulu dan hilir yang menjadi pembeda dengan daerah lain di Jawa.

"Di sini Komplit, mulai dari pohon kapas, dipintal, ditenun baru dibatik," sambungnya.[hud/col]