Bupati Minta Proyek Kilang Minyak Tumbuhkan Ekonomi di Ring Satu

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Proyek kilang minyak baru yang akan dibangun di Kabupaten Tuban, oleh Bupati Tuban, Fathul Huda diminta  mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, utamanya di wilayah ring satu.

Tender pembangunan kilang minyak yang dimenangkan perusahaan minyak asal Rusia, Rosneft akan berdiri di Kecamatan Jenu. Sekitar 400 hektare lebih lahan dibutuhkan dalam proyek nasional yang meliputi Desa Remen, Mentoso, Rawasan, Wadung dan Kaliuntu.

"Jangan sampai terbaik di dunia hanya proyeknya saja," ujar Fathul Huda.

Dalam pembangunan proyek kilang minyak kedepan, ia turut meminta wartwan untuk mengawasi secara terukur sejauh mana pertumbuhan masyarakat ring satu, baik itu pertumbuhan secara ekonomi dan tingkat penurunan pengangguran. Selain itu, ai akan pula menyertakan Lembaga Independen mengawal jalannya proyek dengan nilai investasi mencapai 13 miliar dollar AS, atau setara Rp175,5 triliun tersebut

Sebab, menurut orang nomor satu di Tuban tersebut, adanya pembangunan fisik kilang minyak imbasnya pada masyarakat penggarap tanah. Ia meminta harus ada penyelesaian dan kesepakatan meskipun lahan sebagian besar sudah milik negara.

"Diharapkan ada tali asih dulu," ujarnya.

Harapannya, terutama orang yang lahannya dibebaskan, jangan sampai sudah kehilangan lahan kemudian kehilangan pekerjaan. Sumber daya manusia setempat harus dididik, kalau bisa masuk sebagai tenaga kerja ataupun menerima pelatihan untuk kesinambungan hidup. [dwi/rom]