Penambahan Elpiji Melon untuk Nelayan Tuban Belum Jelas

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - PT Pertamina (Persero) berencana menjamin ketersediaan elpiji kemasan 3 kilogram untuk bahan bakar perahu nelayan. Rencananya, akan ada suatu titik tertentu yang dijadikan pangkalan khusus melayani nelayan.

Kabid Perdagangan, Diskoperindag Tuban, Bhismo Setya Adji, mengaku sampai saat ini pihaknya belum menerima Juknis secara resmi dari pihak Pertamina. Hal itu disampaikan kepada blokTuban.com, Kamis (5/1/2017).

"Sampai hari ini masih belum ada informasi penambahah stok elpiji melon untuk nelayan," katanya.

Dengan demikian, nantinya akan ada alokasi khusus elpiji 3 kg untuk bahan bakar perahu nelayan yang mesinnya dialihkan dari penggunaan bahan bakar minyak (BBM) menggunakan bahan bakar gas (BBG).

Prakiraan estimasi kebutuhan elpiji 3 kilogram untuk setiap perahu nelayan sebanyak dua tabung per hari. Namun, bisa juga satu tabung ada yang bisa mencapai tiga hari digunakan nelayan.

 "Kita masih menunggu Juknis dari Pertamina terkait program tersebut," tegasnya.

 Menurut informasi yang diterima blokTuban.com, penggunaan elpiji untuk bahan bakar perahu nelayan lebih hemat jika dibanding menggunakan BBM karena satu kilogram elpiji setara dengan lima liter (5 L) BBM. [rof/col]