Tingkatkan Akseptor KB, PLKB Berdayakan Paguyuban PPKBD

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Guna mensukseskan program Keluarga Berencana (KB) di wilayah Kabupaten Tuban, penyuluh KB kecamatan Bangilan di bawah komando Suparmi, terus melakukan inovasi. Dengan inovasi tersebut, diharapkan keikutsertaan masyarakat Tuban, khususnya Bangilan terhadap KB semakin meningkat.

Kepala Penyuluh Lapangan KB (PLKB) Kecamatan Bangilan, Suparmi menuturkan, program yang sedang dilakukan untuk mendongkrak angka akseptor KB, dirinya membentuk paguyuban Pembina Pembantu KB Desa atau lebih dikenal dengan PPKBD.

"Sebagai ujung tombak di tingkat desa, kita arahkan dan dukung terus setiap PPKBD di masing-masing wilayah untuk mensukseskan program KB," ujar Suparmi saat ditemui blokTuban.com, Rabu (4/1/2017).

Mengenai teknis, ia menuturkan, setiap dua bulan sekali seluruh anggota paguyuban PPKBD dikumpulkan untuk evaluasi dan persiapan program. Dari masing-masing sub PPKBD yang ada di dusun-dusun, diminta agar terus berinovasi untuk meningkatkan jumlah peserta KB.

"Jika divaluasi dan jumlah peserta KB naik, dari sub PPKBD mendapat penghargaan," tegasnya.

Penghargaan tersebut diberikan, lanjut Suparmi, agar menjadi penyemangat yang sudah mampu mencapai rarget maupun yang belum. Selain adanya penghargaan, bagi para anggota sub PPKBD juga dianggarkan biaya operasional dari APBD dan juga APBDes.

"Setiap kegiatan tentu ada biayanya, maka untuk mencapai itu pemerintah juga sudah menyipkan dana operasional dengan maksud, agar angka peserta KB bisa naik," pungkasnya. [rof/rom]