PBG Tuban Diserahterimakan kepada Guru Ahli dan Pengelola

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pengelolaan Pusat Belajar Guru (PBG) secara resmi mandiri dikelola sepenuhnya guru ahli yang dalam pelaksanaanya di bawah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora), Rabu (30/11/2016).

Puluhan guru yang tergabung dalam Guru ahli dan pengelola BPG ke depan secara mandiri dituntut mengemban pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang pendidikan. Gedung dan fasilitas pengembangan skill mengajar telah tersedia di gedung yang diresmikan pada 20 Agustus 2014 lalu oleh Bupati Tuban, Fathul Huda tersebut.

Bersama dari kesadaran membangun daerah perlu kiranya pendidikan memadai dan mustahil terwujud tanpa adanya profesionalitas di dalamnya. Untuk menwujudkan hal tersebut, didirikanlah PBG Tuban dengan merekonstruksi ulang bangunan lama yang diprakarsai oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF) dan kemudian didonasi oleh Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL) dua tahun lalu.

Ketua Umum Pengelola PBG, Fathul Mu'in menuturkan selama masa pemberian materi manajemen guna mengelola institusi di bidang pendidikan. Berada di bawah pengawasan EMCL dan PSF bagaimana mengelola untuk kegiayan seminar, pelatihan dan sejenisnya.

"Bekerjasama dengan MGMP tingkat SMP, SMA, SMK sederajat seta KKG di tingkat SD sederajat kami mengadakan pertemuan rutin dengan pelatihan dari EMCL dan PSF," terang Muin.

Sementara itu dari pihak PSF, Gusman Yahya renovasi PBG dilakukan sebagai wujud nyata salah satu misi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tuban. Meningkatkan pendidikan menjadi titik berat dalam kegiatan kali ini. Guru ahli dan pengelola BPG diyakini memiliki potensi dapt mengoperasikan manajemen PBG secara mandiri dengan kompetensi yang dimiliki saat ini.

"Kegiatan serah terima pengelolaan PBG sendiri bertepatan dengang momen hari jadi Kabupaten Tuban dan sekaligus mewujudkan misi dalam meningkatkan kualutas SDM melalui pendidikan," ujar Gusman menambahkan.

Kegiatan yang bertajuk 'Serah Terima Berkelanjutan Pusat Belajar Guru' tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti kesepakatan antara Pemkab Tuban yang dilakukan Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein degan Wakil Kepala Teknik Tambang EMCL, Paul Kant.

"Pemkab Tuban dengang EMCL sebelumnya telah menyepakati nota kesepakatan dalam bidang peningkatan mutu pendidikan melui PBG selama tiga tahun ini bertujuan meningkatkan kemampuan pendidik agat semakin profesional dan kualitas. Kita berkumpul saat ini sebagai momentum awal meningkatkan kemampuan guru di Tuban," ungkap Paul. [dwi/col]