Keluarga Darmanto dan Petugas Cocokan Data Korban

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Keluarga Darmanto (26), salah satu korban kecelakaan laut utara Jawa yang berhasil diidentifikasi akhirnya tiba di kamar jenazah RSUD Dr R Koesma Tuban, Selasa (22/11/2016). Sesampai di kamar jenazah, mereka langsung diajak petugas mencocokkan data korban.

"Anak saya pamit dari rumah hari Rabu (16/11/2016) setelah Maghrib, berangkat bersama dengan teman-temannya melaut," jelas Supardi (64), ayah Darmanto, warga Desa Denasri, Kecamatan/Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

[Baca juga:  Pencarian Hari Keempat Akan Dilakukan Penyisiran ]

Mereka mencocokkan Antemortem (data diri korban sebelum meninggal dunia). Mulai dari pakaian dan aksesoris yang digunakan, tinggi dan berat badan, tanggal lahir, sampai foto yang didapat petugas dari sidik jari untuk perekaman e-KTP korban semasa hidup.

"Iya, itu foto anak Saya. Dan nama Saya Supardi," kata Supardi ketika dilihatkan data hasil perekaman e-KTP yang didapat petugas Disaster Victim Identification (DVI).

Selain itu keluarga korban juga mengenali pakaian korban ketika ditemukan petugas pencari.

Kepala Desa (Kades) Denasri, Ahmad Abdullah, juga membenarkan itu adalah warganya. Selain itu, Abdullah menjelaskan ada empat warga Denasri yang diduga ikut menjadi korban kecelakaan kapal berbendera Vietman, MV Thyson 4 dengan Kapal Motor Mulya Sejati di perairan laut utara jawa. Yakni Suwarno, Darmanto, Wanidi, dan Nasrohim.

"Semua keluarga korban dari Desa Denasri Saya ajak ke sini," jelas Abdullah. [pur/ito]