Destinasi Wisata Perairan, Akan Dibuatkan Embung

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Seperti yang diketahui Kota Tuban memang penuh dengan obyek wisata. Namun dari beberapa obyek wisata perlu ada penanganan yang serius baik secara perorangan, kelompok, maupun pemerintah.

Sendang Nggadon misalnya, mata air pegunungan di wilayah Tuban Selatan ini terletak di Dusun Ngebrak, Desa Wanglukulon, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

[Baca juga: Sendang Nggadon, Objek Wisata Terpendam di Senori ]

Sendang Nggadon memang tak begitu terkenal dibanding wisata lainnya di Bumi Wali, sebutan kota Tuban. Sendang Nggadon belum begitu terekspose seperti Air Terjun Nglirip, Pemandian Air Hangat Prataan, Nganget Dan Sumber Air Krawak.

Untuk menikmati mandi dan berenang di Sendang Nggadon, Blokers menahan dulu hasrat tersebut. Soalnya di tempat ini belum bisa digunakan mandi dan berenang. Namun, jangan khawatir Blokers juga bisa menikmati suara gemericik mata air jernih ini sepuasnya dari pagi hingga petang.

Area berukuran kurang lebih 1 Hektar itu rencananya akan di bangun wisata embung (waduk) dan juga perkebunan petik buah. Embung yang diproyeksikan pada tahun 2017 itu, jika dikelola sebetulnya memiliki potensi wisata yang menarik bagi warga.

Embung tersebut akan dijadikan tempat penampungan air yang sangat besar, yang dibuat dengan cara membendung aliran mata air. Air yang telah ditampung tersebut kemudian dimanfaatkan dalam irigasi pertanian, untuk bahan baku air minum, budidaya perikanan, sarana olahraga air, sarana rekreasi, dan sebagainya.

"Embung akan dibangun atau dibuat di tempat yang kondisi alamnya indah. Nah, tempatnya yang indah inilah yang kemudian dimanfaatkan sebagai objek wisata," terang Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Senori, Nukman kepada blokTuban.com.

Setelah dilakukan penampungan air, potensi wisata Sendang Nggadon akan mulai terlihat. Hal ini diharapkan dari kawasan sekitar Sendang Nggadon semakin ramai dan banyak pengunjung. Selain itu tujuannya untuk membuka lapangan kerja warga setempat, dengan adanya warung-warung yang berdiri di sepanjang jalan sekitar lokasi embung.

Sementara Kepala Dusun (Kadus) Ngebrak, Munir kepada blokTuban.com mengatakan, mulai tahun depan pemerintah desa setempat akan mengawali pembangunan sarana dan prasaran Sendang Nggadon. Agar banyak pengunjung yang datang ke Sendang Nggadon ini untuk sekadar melihat keindahannya hingga untuk hunting foto.

Rencananya, Sendang Nggadon juga akan dikembangkan untuk menjadi objek wisata oleh pemerintah desa, bekerja sama dengan pihak Perhutani. Pengembangan itu berupa rencana pembangunan beberapa area pelengkap seperti kawasan agrowisata, tempat pemancingan, hingga wisata olahraga.

"Di sekitar lokasi juga sering ditambang orang untuk mendapatkan biji emas," imbuh Munir.

Menurut pengakuan Munir, di sekitar sumber mata air menyimpan kekayaan alam berupa logam mulia. Sebelum warga setempat mengetahui, justru orang luar daerah seperti Bojonegoro dan kota besar luar Tuban banyak berburu emas di kawasan Sendang Nggadon.

"Musim hujan seperti saat ini, biasanya warga melakukan pencarian di sepanjang aliran sumber mata air," papar Munir

Kini Sendang Nggadon dimanfaatkan pemenuhan kebutuhan air bagi masyarakat luas sampai ke peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Jadi, Blokers yang tertarik ke Sendang Nggadon, yuk berangkat! [rof/ito]