Banjir Bandang, Beberapa Desa di Soko Terendam

Reporter: Dwi Rahayu/Edy Purnomo

blokTuban.com - Hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah di Kabupaten Tuban membuat beberapa sungai meluber, termasuk di Kecamatan Soko. Bahkan, ditengarai ada tanggul yang jebol, beberapa desa kebanjiran. Terutama di Desa Rahayu dan Soko Sokosari, Jumat (11/11/2016) malam.

Pantauan blokTuban.com menyebutkan, jalan antar desa yang membentang dari Rahayu menuju Dusun Losari, Desa Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban tergenang air setinggi 30 centimeter (cm) lebih. Bahkan, motor harus memutar jika tidak ingin mogok.

Air mengalir cukup deras dari barat menuju timur. Bahkan, di sekitar Central Processing Area (CPA) Lapangan Migas Mudi yang dioperatori Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB P-PEJ) juga terlihat genangan air cukup parah.

"Air datang sekitar pukul 19.00 WIB dan langsung menggenangi lahan pertanian dan jalan desa," kata seorang warga, Mahmudi, yang ditemui di jalan Desa Rahayu, Kecamatan Soko.

Diterangkan, jika jalan desa yang biasanya dilalui menuju ke Desa Sokosari, tergenang cukup dalam. Apalagi, aliran airnya juga cukup deras mengalir ke timur dan menggenangi sawah dan pemukiman warga di Rahayu dan sekitarnya.

"Jalan ngak bisa dilalui, lebih baik memutar saja jika ingin ke Sokosari," kata Agus, warga lain.

Hingga kini, pejabat setempat, baik di Desa Rahayu maupun Muspika Soko belum bisa dihubungi blokTuban.com. [dwi/pur/rom]