Korban Puting Beliung Akan Diusulkan Bantuan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Puluhan bangunan rumah yang rusak terkena amukan puting beliung di Desa Kradenan dan Sumurgung, Kecamatan Palang akan diusulkan untuk mendapatkan bantuan perbaikan rumah.

Seperti yang terjadi Rabu (26/10/2016) malam, sebanyak 32 bangunan baik Rumah atau kandang sapi mengalami kerusakan akibat diterjang puting beliung.

Camat Palang, Sugeng Winoto mengatakan, telah merekapitulasi hasil daripada pendataan rumah warga yang mengalami kerusakan karena ditempa puting beliung.

"Ada 32 bangunan yang mengalami kerusakan, yang nantinya akan kita usulkan bantuan ke Pemerintah Kabupaten," ujar Sugeng sapaan akrabnya kepada blokTuban.com, Kamis (27/10/16).

Sugeng menjelaskan, data yang telah direkap ini bisa diserahkan ke Kabag Kesra, ataupun BPBD untuk ditindaklanjuti mengenai pemberian bantuan.

"Nanti tinggal bagaimana ditanggapinya, yang jelas kita akan mengusulkan itu," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono menyatakan, untuk pemberian bantuan fisik menunggu pengajuan resmi dari Camat, sebab BPBD tidak bisa memberikan sembarangan bantuan yang tidak ada hitungan kalkulasi atau nominalnya.

"Kita menunggu dulu usulan dari Camat, nanti baru bisa kita anggarkan besaran nominalnya," pungkasnya.[nok/col]