20 Unit Bangunan di Palang Rusak Diterjang Puting Beliung

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Puluhan rumah di Dusun Mbiru, Desa Kradenan, Kecamatan Palang rusak akibat diterjang puting beliung. Kejadian itu terjadi Rabu, (26/10/16) sekira pukul 18.00 WIB.

Saat itu, warga yang tengah bersantai di rumah was-was dengan adanya hujan disertai puting beliung. Kencangnya angin merusak bangunan rumah warga.

Salah seorang warga, Busri (45) menceritakan, awalnya dia bersama keluarganya tengah melaksanakan Salat Maghrib, saat itu terjadi hujan dan angin kencang hingga membuatnya harus menutup pintu rumah.

"Pintu rumah saya tutup, ternyata tembok bagian samping saya roboh akibat puting beliung. Beruntung robohnya keluar, jadi tidak ada korban jiwa," ujarnya kepada blokTuban.com.

Sementara itu warga lain, Joko mengatakan, kejadian puting beliung membuat kandang ternak miliknya roboh, seketika hujan dan angin kencang tersebut membuatnya merugi.

"Hancur kandang saya, untuk taksiran kerugian mencapai angka jutaan tentunya," jelasnya.

Camat Palang, Sugeng Winoto menyatakan, berdasarkan dari hasil pendataan bahwa jumlah rumah atau bangunan yang rusak sebanyak 20 unit. Kerusakannya bervariatif, ada yang hanya atapnya rusak, hingga bangunan roboh.

"Taksir kerugian antara 3-10 juta untuk per unit bangunan, kita akan upayakan bantuan melalui Pemkab," pungkasnya. [nok/col]