Kurangnya Pasokan, Harga Cabai di Parengan Tinggi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Harga cabai kriting merah di Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban terus naik belakangan ini mencapai kisaran Rp 50.000-55.000 per kilogram menyusul kurangnya pasokan dari daerah-daerah sentral produksi akibat cuaca ekstrem.

Di Pasar Desa Parangbatu, Kecamatan Parengan, misalnya, dalam sepekan terakhir harga cabai kriting merah mencapai pada kisaran Rp 55.000 per kilogram, naik tajam dari sebelumnya yang hanya kisaran Rp40.000.

"Sejak satu minggu terakhir harga masih bertahan 55 ribu rupiah per kilogram," kata salah seorang pedagang di Pasar Desa Parangbatu Suwarno (57), Selasa (25/10/2016).

Ia menambahkan, selain tingginya harga cabai terjadi pada jenis cabai kriting merah, tingginya harga cabai juga terjadi pada cabai rawit yang mencapai kisaran Rp28.000 yang sempat menurun, sebelumnya mencapai Rp30.000, meski begitu para pembeli tetap mengaku harga tersebut terbilang tinggi.

Ia memprediksi meningkatnya harga cabai tersebut juga disebabkan oleh cuaca beberapa waktu terakhir yang cukup ekstrem mengakibatkan berkurangnya produksi cabai kriting merah. "Mungkin pengaruh cuaca yang tidak menentu sehingga mempengaruhi naiknya harga," tambah Suwarno kepada blokTuban.com.

Pedagang lainnya di Pasar Desa Parangbatu, Tofik (28) juga mengatakan hal senada bahwa dalam satu minggu terakhir harga cabai kriting merah mencapai pada kisaran Rp50.000-55.000 per kilogram, sedangkan harga cabai rawit mengalami penurunan sedikit. "Karena harga mahal, pembeli banyak yang mengurangi pembelian cabai kriting merah," kata dia sambil melayani pembeli.[hud/ito]