Alternatif Mengatasi Nyeri Tanpa Obat

Reporter: --

blokTuban.com - Jutaan orang di dunia setiap harinya harus menghadapi rasa nyeri akibat penyakit, yang sebagian besar belum terdiagnosis penyebabnya. Obat-obatan pereda nyeri yang dijual bebas menjadi tumpuan untuk membebaskan diri dari rasa sakit.

Penyakit yang sering menyebabkan nyeri kronik antara lain penyakit otot dan persendian seperti rematik, sakit kepala, sakit punggung, dan juga fibromyalgia.

Meski obat-obatan memang bisa membantu mengurangi rasa nyeri, tetapi sebenarnya ada pilihan terapi lain. Bagi sebagian orang, terapi alternatif lebih efektif dalam menangani nyerinya. Terapi tersebut juga bisa menjadi pelengkap terapi medis yang diberikan dokter.

Berikut adalah beberapa terapi alami yang sudah dibuktikan melalui penelitian efektif mengurangi rasa nyeri.

- Akupuntur
Sekitar 3 juta orang Amerika telah mencoba terapi Tiongkok kuno ini. Para dokter juga menyebut terapi ini cukup aman, asalkan dilakukan oleh tenaga kesehatan yang kompeten.

- Yoga
Walau kebanyakan orang mempraktikkan yoga sebagai pilihan olahraga atau pun meditasi, tetapi gerakan-gerakan yoga juga terbukti efektif mengurangi rasa nyeri punggung. Penelitian terbaru juga menybutkan rutin berlatih yoga bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan gejala-gejala depresi, artritis, dan mencegah diabetes.

- Terapi pijat
Pijatan memang berdampak menenangkan dan membuat pegal hilang. Lebih dari itu, melakukan terapi pijat juga efektif mengurangi nyeri leher. Terapi ini juga bisa meningkatkan kualitas hidup pasien kanker, depresi, dan HIV/AIDS.

- Teknik rileksasi
Orang yang menderita sakit kepala dan migrain direkomendasikan untuk mencoba teknik-teknik rilekasi, seperti latihan napas dalam, meditasi, dan sebagainya.

- Olahraga
Ada banyak alasan untuk melakukan olahraga teratur, salah satunya memperbaiki postur tubuh dan mengurangi rasa nyeri punggung bawah.


Sumber: http://health.kompas.com/read/2016/10/17/110500423/alternatif.mengatasi.nyeri.tanpa.obat