Berawal dari Kekalahan Hingga Jadi Juara

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Mungkin masih banyak masyarakat Tuban yang belum mengenal Puji Prasetyo. Namun, sosoknya tengah menjadi sorotan lantaran telah mengharumkan nama Tuban dalam kancah olahraga gulat di tanah air.

Benar, Puji Prasetyo adalah atlet gulat kelahiran Tuban, 26 Oktober 1996 ini kini telah mengukir prestasinya di cabang olahraga Gulat. Kepada blokTuban.com dia menceritakan perjalanan karirnya menjadi seorang atlet gulat.

"Sekitar pertengahan 2007 saya mulai ikut kejuaraan gulat di Jember, saat itu masih duduk di bangku SMP," kenang Puji mengingat pertandingan gulat perdananya.

Puji mengatakan, saat awal tanding itu kemenangan tidak didapatinya, tak ada satupun medali yang berhasil dibawa pulang. Meski kalah, namun ia tidak berkecil hati atau putus asa. Dia terus mengikuti kejuaraan daerah hingga tiga kali, termasuk kejuaraan wali kota Surabaya.

"Ikut kejuaraan daerah selama tiga kali tidak ada satupun medali yang nyangkut ke saya," jelas pemuda yang yang pernah mengenyam pendidikan di SMANOR Sidoarjo itu kepada blokTuban.com, Jumat (7/10/2016).

Putra pasangan Subawi dan Sumarmi itu tidak pernah berkecil hati, dia terus berlatih untuk menjadi seorang atlet gulat yang profesional. Hingga akhirnya tepat pada kejuaraan keempatnya, ia berhasil meraih medali emas, yaitu pada Popda Nganjuk.

"Disitulah awal karir saya mulai berjalan, saat meraih gold medal di Nganjuk," ceritanya.

Usai mendapatkan medali emas perdana, dia kembali mengikuti kejuaraan nasional, yaitu Pornas yang digelar di Sidoarjo, beruntung dia kembali mendapatkan medali emas.

"Dapat emas lagi, gak nyangka saja," ucap Puji.

Tak berhenti disitu, pada ajang kejuaraan southest Asean Championsip di Thailand, dia juga mendapat emas. 2013 kembali mengikuti kejuaraan Popnas di Jakarta dan dengan penuh haru bahagia dia mendapatkan medali emas. 2014 dia mengikuti Junior dan Cadet Championship di Thailand, mendapatkan silver medal dan gold medal. Selanjutnya, di tahun 2015, kembalilah dia mendapatkan gold medal saat mengikuti Junior Wrestling Championship di Thailand.

Yang paling tak terlupa baginya adalah saat mendapatkan gold medal di ajang PON XIX Jawa Barat.

"Semua itu saya lakukan dengan kerja keras dan semangat latihan yang tinggi. Dukungan dari masyarakat Tuban saat PON membuat semangat saya bergelora hingga berhasil menyabet medali emas," pungkasnya. [nok/rom]