Terima Bantuan, 20 Janda Siap Kembangkan Usaha

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dua puluh kepala rumah tangga perempuan (KRTP) Desa Jatisari, Senori, Kabupaten Tuban terima bantuan program Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat (Jalin Matra) Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK), Kamis (18/8/2016).

Kepala Sub Bidang Pengembangan Ekonomi Desa, Kuntil mengatakan Jalin Matra adalah Salah satu kegiatan utama program pengentasan kemiskinan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Di Kabupaten Tuban terdapat 30 desa yang mendapatkan program tersebut. Tiga di antaranya tersebar di Kecamatan Senori.

“Di Kecamatan Senori ada tiga desa, antara lain Medalem, Jatisari dan Katerban,” kata Kuntil kepada blokTuban.com, Kamis (18/8/2016).

Jenis bantuan yang diberikan pada KRTP adalah uang tunai untuk modal pengembangan usaha. Uang tersebut langsung diterimakan kepada rekening desa dan disampaikan kepada kelompok masyarakat (Pokmas) masing-masing.

“Sasarannya harus Janda,” tandas Kuntil.

Dalam pengeloalaan nantinya ada seorang pendamping yang bisa membantu jalannya program Jalin Matra tersebut. Pemerintah juga tidak serta merta memberikan bantuan secara langsung begitu saja. Tentu sebelumnya juga ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan agar tidak salah sasaran.

“Sebelumnya kita juga survei kemudian kita olah data baru bisa diajukan,” imbuhnya.

Di kesempatan yang sama Kamisah (49) seorang KRTP mengatakan, pihaknya merasa terbantu sekali dengan bantuan sebesar Rp2,5 juta itu. Semoga habis menerima bantuan itu taraf hidupnya bisa naik.

“Alhamdulillah, janda seperti saya dapat bantuan modal yang cukup banyak ini,” kata ibu yang sudah menjanda tujuh tahun itu.

Menurut Kamisah uang bantuan yang diberikan pemerintah kepadanya akan digunakan mengembangkan ternak kambing. “Uangnya akan saya belikan indukan kambing untuk saya ternak,” tutup ibu dua anak itu. [rof/col]