Senam Perwosi Ramaikan Semarak HUT RI di Kenduruan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71, tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur menggelar Lomba Senam Perwosi yang dilaksanakan di pendapa kecamatan setempat, Senin (15/8/2016).

Selain memeriahkan HUT RI ke-71 lomba ini digelar dalam rangka memasyarakat senam Perwosi ke seluruh warga Kecamatan Kenduruan.

Uun Fajarwati, Ketua Tim Penggerak PKK Kenduruan mengatakan, lomba kali ini diikuti perwakilan seluruh kader PKK dari desa se-Kecamatan Kenduruan. Semua berjumlah 10 kelompok yang tersusun dari sembilan perwakilan desa dan ditambah satu dari Koramil Kenduruan.

"Tujuannya adalah ikut memeriahkan acara di bulan Agustus dan sekaligus realisasi program Perwosi," kata ibu yang akrab disapa Uun itu.

Uun menambahkan, selain lomba senam ada pula lomba nyunggi tampah dan berhijab. Untuk juaranya akan diambil tiga terbaik.

"Harapannya ke depan senam Perwosi lebih dikenal masyarakat dan akan kami lombakan secara umum di tahun berikutnya," imbuh wanita yang juga Ketua Ranting Perwosi Kenduruan ini.

Camat Kenduruan, Hendra Basuki mengatakan, lomba ini guna menjaga kelestarian adat ketimuran yang kita miliki. "Itung-itung ikut uri-uri budaya Jawa. Diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat lebih tau kekayaan budayanya, kususnya Jawa Timur," kata Hendra Basuki saat ditemui di kantornya.[rof/col]