Desa Pucangan Kibarkan 300 Bendera

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Meski berada jauh dari perkotaan, namun program Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban ini bisa diancungi jempol dan bisa dijadikan sebagai contoh untuk desa-desa lain dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang Ke-71.

Pemerintah Desa (Pemdes) Pucangan memprogramkan setiap satu rumah satu bendera merah putih, meski hal tersebut hanya berlaku di sepanjang jalan raya menuju kecamatan, namun dengan antusiasme masyarakatnya desa tersebut telihat sangat bersemarak untuk menyambut hari kemerdekaan.

Kepala Desa (Kades) Pucangan Santiko, mengatakan dalam menyambut HUT RI Ke-71 ini kami memprogramkan setiap satu rumah satu bendera merah putih yang telah di fasilitasi oleh desa.

"Sekitar 300 bendera merah putih, kami pasang sepanjang jalan raya untuk menyemarakkan HUT RI," ujar Kades Pucangan kepada blokTuban.com.

Di samping itu Desa Pucangan merupakan salah satu desa penyangga Kecamatan sekaligus sebagai desa yang menjadi pintu masuk di Kecamatan Montong, dengan antusiasme masyarakat yang tinggi, agar lebih semarak mereka juga melakukan pemasangan umbul-umbul seadanya.

"Selain untuk menyemarakkan HUT RI, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme," tandasnya.

Diketahui bendera merah putih tersebut merupakan inventaris desa dan akan disimpan oleh masing-masing masyarakat. Hanya saja apabila ada kegiatan kebangsaan bendera tersebut akan dipasang kembali.[hud/ito]