Atlet Galah Tuban Harumkan Nama Bangsa

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Siapa menyangka seorang atlet galah yang telah harumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional merupakan putra daerah Tuban. Dialah Teuku Tegar Abadi.

Pria yang lahir 13 Desember 1998 ini memang mahir dalam melakukan lompatan yang amat tinggi, maka tak salah jika ia terus menekuni lompat galah sebagai pilihan karirnya. Berlatih terus menerus untuk mengasah bakatnya terus dilakukan agar semakin bagus hasil yang dapat diraihnya dalam mengukir prestasi.

Tegar begitulah orang memanggilnya, tak pernah menyangka bahwa atas apa yang diraihnya saat ini. Sejak kecil pria asal plumpang ini tidak pernah berpikir untuk menjadi atlet galah bahkan ia tidak mengenal apa itu galah, karena sepak olahraga sepak bola lebih awal dikenalnya. Bisa dibilang jika dirinya hobi memainkan si kulit bundar di lapangan hijau.

Namun nasib berkata lain bahwa Tegar harus memilih sebagai Atlet lompat Galah sebagai pilihan karirnya, ketika dia kerap kali cedera bahkan mengalami patah tulang saat bermain bola. Saat itu atas inisiatif kedua orang tuanyalah Tegar didaftarkan untuk bergabung di Persatuan Atlet Seluruh Indonesia (PASI) Tuban. Tanpa keahlian apapun saat masuk PASI alias dari Nol, Tegar pun mulai meraba-raba bakatnya hingga akhirnya mulai tampak jika lompat galah merupakan potensi yang ia miliki.

"Saya mulai mengenal galah menjelang akhir kelas 2 SMP saat saya mulai masuk PASI, sebelumnya juga tidak tahu apa itu galah," kata Tegar membuka obrolan kepada blokTuban.com.

Ketika sudah mulai mengenal lompat galah, ia pun terus mengasah bakatnya hingga benar-benar dirasa sudah dianggap mampu layaknya sebagai atlet. Tak ketinggalan orang tua yang menghantar membuka pintu karir baginya juga tetap memberikan dukungan kepadanya agar selalu berkembang mengepakkan sayapnya untuk terus mengukir prestasi.

"Orang tua selalu memberikan dukungan kepada saya hingga sampai sekarang," papar pria dua bersaudara ini.

Tahun 2012 Tegar mulai mengikuti kompetisi atau kejuaraan tingkat nasional, yaitu Porkab 2012 berhasil menyabet juara 1 olahraga Lompat Jungkit atau triple jump. Pon Remaja Provinsi 2014 juga menyabet juara 1 lompat jungkit dan juga lompat galah. Lalu Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2015 juga kembali menyabet juara 1. Dari ketiga kejuaraan tingkat nasional tersebut, Tegar berhasil membawa pulang Tiga medali emas.

Di kancah internasional, ia juga mengukir prestasi yang gemilang, tiga kali mengikuti kejuaraan, yaitu Asia Yunior 2015 yang dilaksanakan di Qatar ia berhasil membawa pulang medali perunggu, selanjutnya Asia School 2015 di China ia sukses menyabet medali emas dan yang terakhir Asean School 2016 yang diselenggarakan di Thailand, Tegar berhasil membawa pulang medali emas. Diajang international itulah lompat Galah menjadi pilihan karirnya.

"Alhamdulillah baik diajang nasional ataupun international banyak meraih juara 1 dan berhasil membawa pulang medali emas," Ungkap Tegar.

Hingga saat ini Tegar yang masih duduk di bangku kelas Tiga SMA tetap melakukan latihan lompat galah agar bakatnya terus berkembang dan selalu mengharumkan nama Indonesia di Kancah International.

"Saya akan terus berlatih dan selalu bercita untuk mengharumkan nama bangsa," tegasnya. [nok/ito]

Biodata:
Nama          : Teuku Tegar Abadi
Lahir            : Plumpang Tuban, 13 Desember 1998
Alamat         : Desa Sumber Agung Kecamatan Pulmpang Kabupaten Tuban
Pendidikan  : Saat ini SMANOR (SMA Olahraga ) Sidoarjo.
Saudara      : Andi Nurani Elok Bidari (Kakak Perempuan)
Orang Tua :
Ayah            : Mohamad Mohtar
Ibu               : Nyak Daeng