Jual Merah Putih di Bulan Merdeka

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memperingati hari kemerdekaannya setiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Beragam aksesoris biasanya disiapkan masyarakat untuk merayakan di lingkungan masing-masing.

Salah satu atribut dan aksesoris yang paling dicari adalah bendera dan umbul-umbul kain warna merah putih. Memasang bendera seolah sudah menjadi ritual wajib bagi kita. "Karena itulah saya jual bendera dan atribut warna merah putih setiap bulan Agustus," jelas Yuan (33), salah satu pedagang bendera di Jalan Pramuka, Kabupaten Tuban, Senin (1/8/2016).

Tidak hanya Yuan, puluhan pedagang bendera juga tampak memasang lapak dagangan mereka. Menghiasi trotoar-trotoar di jalan-jalan kota Tuban. Bagi Yuan dan teman-temannya, menjual bendera merupakan usaha musiman yang selalu mereka jalankan.

Pedagang-pedagang bendera merah putih tidak hanya berasal dari Tuban. Juga menarik pedagang dari luar kota. Seperti Yuan, yang mengaku berasal dari Kabupaten Garut, dan datang berombongan bersama teman sesama pedagang lain.

"Saya sepuluh orang berombongan, bendera kita dapat dari grosir di kota Bandung," kata Yuan.

Harga bendera dan aksesoris merah putih lain dijual dengan harga bervariatif. Yakni antara Rp20 ribu sampai Rp35 ribu perpotong. "Tinggal ukuran bendera dan kainnya," tandasnya. [pur/ito]