Api Abadi Maindu, Destinasi Wisata Alternatif di Montong

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Api Abadi yang berada di Desa Maindu, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban merupakan salah satu destinasi wisata alternatif para pemuda-pemudi sekitar, untuk sekadar bersantai dan berkumpul bersama. Dengan suguhan bara api yang terus berkobar, hal tersebut menjadi daya tarik para pengunjung yang penasaran.

Tidak cukup itu saja, pemandangan alam lain yang dapat dinikmati sepanjang hari di area Api Abadi, yakni pemandangan pegunungan menjadi pelengkap saat berkunjung di Desa Maindu. Lokasi Api Abadi tersebut berada di area seluas kurang lebih 6X12 meter dan dikelilingi ratusan hektar lahan persawahan yang hijau.

Salah satu remaja dari Desa Bringin, Kecamatan Montong, Riski (14), mengaku sering berkunjung di tempat tersebut. Setiap kali berkunjung, ia memilih pada sore hari. Karena pada sore hari selain banyak pemuda-pemudi yang berkumpul, terik matahari sudah mulai berkurang.

"Sore hari cocok mas untuk sekadar bersantai, karena udara persawahan sejuk dan panas terik matahari mulai berkurang," ujar Riski kepada blokTuban.com.

Pemuda Desa setempat, Kosim (24) menambahkan, berhubung lokasi api abadi berada di tengah-tengah persawahan, tempat ini ramai saat sore hari, terkadang hingga malam hari. Banyak aktivitas yang dilakukan para remaja mulai bakar-bakaran ubi, jagung juga lainnya.

"Sore hari biasanya pemuda di desa ini berkumpul, ditambah saat malam minggu para remaja menghabiskan waktu bersama temanya di tempat ini juga," tambah Kosim.

Untuk menuju tempat tersebut, dari Kecamatan Montong ambilah jalan yang mengarah ke tenggara dari kecamatan tersebut, kurang lebuh berjarak 10 kilometer dengan melewati Desa Pakel, Sumurgung, Jetak barulah sampai Desa Maindu. Letak Api Abadi berada sekitar 100 meter depan SMPN 3 Montong. [hud/rom]