Pertengahan Juli, Pendaftar Nikah Capai 94 Pasangan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Selama pertengahan bulan Juli ini, pasangan Calon Pengantin (Catin) yang telah mendaftar di Kantor Urusan Agama (KUA) Montong, Kabupaten Tuban untuk menyelenggarakan pernikahan mencapai hingga 94 pasangan.

Hal ini meliputi beberapa momentum yang dianggap menurut kebudayaan Jawa memiliki beberapa keistimewaan. Di antaranya ialah pada malam 29 (Malem Songo) bulan puasa dan masuknya bulan syawal yang ada di bulan Juli.

"Berhubung bulan Juli ini masuk dalam bulan Ramadan dan Syawal sehingga angka sementara pernikahan di bulan ini tinggi," kata Kepala KUA Montong, Muhammad Qosim, Jumat (15/7/2016).

Sementara itu Kepala KUA Montong menambahkan, banyak calon pengantin yang telah mendaftar sebagian telah melaksanakan pernikahan dan sebagian lagi akan melaksanakan pernikahan pada bulan Juli ini hingga Agustus.

Hal tersebut dikarenakan bulan Syawal juga akan masuk pada bulan Agustus. "Sebagian besar pernikahan para calon pengantin akan menyelenggarakan pernikahanya pada bulan Syawal bertepatan bulan Juli dan Agustus," tambah Qosim. [hud/col]