Hari Ini Ombak Besar Kembali Melanda Tuban

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Ombak besar kembali melanda di wilayah laut utara Kabupaten Tuban pagi ini, Selasa (5/7/2016). Praktis, ombak besar membuat sejumlah nelayan di wilayah pesisir enggan melaut dan menangkap ikan.

"Sekarang waktunya angin timur Mas, jadi ombaknya kencang di pinggir. Kalau di tengah malah lebih kencang," kata Mashudi, salah satu nelayan asal Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Nelayan mengatakan ombak besar di laut Tuban sudah satu bulan lebih. Mereka memprediksi akan terus berlangsung dan mencapai puncaknya pada bulan bulan Agustus mendatang.

"Tetapi tidak terjadi terus menerus, kadang seminggu ombak tenang dan dua minggu ombaknya besar," kata Dodok, nelayan asal Kelurahan Karangsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Nelayan seolah kucing-kucingan dengan kondisi alam ketika musim angin timur tiba. Langsung menuju ke laut apabila ombak tenang dan menambatkan perahu ketika ombak besar. "Kalau sudah kepepet buat hidup, ya terkadang tidak mikir dan nekat juga melaut," tandas Dodok. [pur/ito]