Langganan Diterjang Banjir, Jalan Jadi Terancam Putus

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Salah satu ruas jalan di Dusun Tegalboro, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, mengalami kerusakan parah. Beberapa bagian terlihat terkikis, berlubang, longsor, dan terancam terputus. Sebabnya, jalan tersebut menjadi langganan terjangan banjir ketika hujan.

Seperti yang terjadi hari ini, Kamis (30/6/2016), jalan tersebut kembali menjadi tempat penyeberangan air cukup deras. Beberapa pengendara sepeda motor terpaksa mendorong kendaraan untuk melintasi jalanan yang penuh dengan air.

Kondisi serupa selalu terjadi ketika hujan deras. Maupun ketika wilayah pegunungan di sisi selatan, tepatnya di Kecamatan Grabagan, diguyur hujan sehingga aliran air sampai ditempat ini.

"Kalau ada hujan deras, aliran air yang melintas di jalan ini sangat deras. Jalannya rusak dan bisa-bisa putus," kata Burhadi (50), warga Desa Jadi, kepada blokTuban.com.

Burhadi mengatakan, sungai Desa Jadi mengalami penyempitan dan pendangkalan, sehingga tinggi muka sungai dan jalan hampir sama. Selain itu jembatan yang ada di dekat jalan itu berbentuk gorong-gorong dan sering tersumpat.

"Solusinya, perlu dilakukan normalisasi sungai dan jembatan agar air tidak meluber dan menerjang badan jalan," kata Syafii, warga lain kepada blokTuban.com.

Warga menyebut sudah beberapa kali melakukan penanganan dengan keterbatasan material. Usai diterjang banjir, mereka melakukan pengurukan supaya jalan tersebut tidak terputus. [pur/ito]