Lumpuh, Juwadi Tetap Berusaha dan Berkarya

Reporter : Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Keterbatasan fisik tak mengurangi niat seorang pria bernama Juwadi usia 34 tahun, warga Desa Medalem, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, tetap berusaha dan berkarya.

Juwadi tidak bisa berjalan lagi karena syaraf pada tulang belakangnya rusak. Penyakit lumpuh yang mendera dirinya setelah terjatuh dari motor. Akibat kejadian itu, membuat dirinya lumpuh dan harus berbaring ditempat tidur.

Ketika itu usianya memasuki usia 15 tahun, dirinya meski awalnya terasa sulit karena tidak ada harapan lagi, akhirnya Juwadi bertekad untuk bisa berbuat sesuatu tanpa harus tergantung pada orang lain.

[Baca juga: Lumpuh, 19 Tahun Hanya Bisa Terbaring di Tempat Tidur ]

Beradaptasi dengan kelumpuhan memang bukan hal mudah. Namun Juwadi tak menyerah. Berbekal keahliannya di bidang elekronik, dia membuka usaha service elktornik di rumahnya.

"Saya dulu waktu masih sekolah pernah bisa. Saya juga bersyukur bisa mencari rejeki walaupun tidak banyak cukup buat beli es, dengan keterbatasan tubuh saya," ungkap Juwadi saat ditemui di kamar tempat ia menghabiskan waktu remajanya, Minggu (5/6/2016).

Selain itu Juwadi juga ikut bisnis jualan pulsa elektrik, dengan dibantu sepupunya. " Kalau jual pulsa kedang juga ada yang beli kadang juga tidak. Pulsa yang saya jual jenis pulsa Listrik dan pulsa Handphone (HP)," imbuhnya.

Kakaknya, Habib, menuturkan, kalau Juwadi dimata keluarga orangnya mudah bergaul. Sehingga temannya itu juga banyak.

"Kasihan sekali kalau melihat adik saya. Sudah lama di atas tempat tidur, hanya bisa berbaring. Usianya masih muda, semoga Tuhan berikan kesembuhan," tutur pria dua anak tersebut. [rof/ito]