Warga Tabur Nasi di Pemandian

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Ungkapan rasa syukur atas nikmat air dari sumber Bektiharjo, dalam sedekah bumi kali ini warga turut menabur nasi pada sumber pemandian tersebut, Rabu (18/5/2016).

Nasi sebagai simbol syukur dilemparkan pada sumber air atau sendang wedok. Dimana lokasi tepat bersebelahan dengan punden yang digunakan warga meletakkan sesaji bunga sekar.

"Nasi yang dilempar warga diberikan pada ikan yang hidup di sendang," kata Juru Kunci Pemandian, Hartono kepada blokTuban.com.

[Baca juga: Warga Sekitar Pemandian Bektiharjo Sedekah Bumi]

Warga yang sengaja membawa nasi dan lauk yang dibungkus kain, juga membawa kembang dibungkusan kecil dari daun pisang. Setelah menyerahkan kembang sekar pada juru punden, bungkusan kecil tersebut mereka lempar ke sendang. Tidak lupa mereka membasahi tangan dengan air sendang.

Dari pantaun blokTuban.com di lapangan, pada diesel penyedot air tepat di depan punden puluhan nasi berbungkus daun pisang sengaja dijajar. Tidak lama beberapa kawanan monyet menghampiri, kemudian memilih nasi yang berjajar di atas pagar punden.

"Tujuan warga sedekah bumi selain bentuk syukur juga berbagi makanan dengan makhluk penghuni sendang," kata Mbah Har, begitu ia acap disapa. [dwi/rom]