Warga Sekitar Pemandian Bektiharjo Sedekah Bumi

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Demi rasa syukur atas nikmat air yang selama ini dinikmati, warga Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding dan sekitarnya mengadakan sedekah bumi,Rabu (18/5/2016).

Pelaksanaan sedekah bumi jatuh pada hari Rabu Pon sesuai penanggalan Jawa. Sementara bulan pelaksanaan pasti di bulan lima atau bulan Mei penanggalan masehi.

"Ada enam desa yang warganya melaksanakan sedekah bumi di sini (pemandian Bektiharjo)," kata juru kunci pemandian Bektiharjo, Hartono.

Ke enam desa yang terlibat berada di sekitar sendang. Yaitu Bektiharjo, Prunggahan Kulon Wetan, Tegalagung, Semanding dan Karang. Namun menurut penuturan Hartono, beberapa tahun terakhir Kelurahan Karang sudah tidak terlibat lagi.

Nampak dari pantaun blokTuban.com sejumlah warga bergilir hilir mudik di area. Pemandian Bektiharjo. Tertutama pada titik tertentu, yakni di luar sebelah timur pemandian dan di dalam berdekatan dengan punden Bektiharjo.

Di sekitar punden sejak pagi sudah berjajar sesaji yang sengaja dibawa warga dibungkus kain. Di dalam bungkusan tersebut seperti pada umumnya berisi nasi dan lauk pauk.

Sementara itu pada luar area pemandian, panggung hiburan telah tegak berdiri. Setelah kegiatan bari'an atau membacakan doa pada sesaji yang dibawa warga, hiburan langen tayub, yang menjadi salah satu tradisi wajib, siap melengkapi acara sedekah bumi kali ini. [dwi/ito]