BPS: Jika ada Tindak Kejahatan, Laporkan!

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Beredarnya isu sekelompok orang yang sedang mendatangi rumah-rumah warga dengan berlagak sebagai petugas Sensus Ekonomi (SE) 2016 ditanggapi oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban. Pasalnya, di dalam isu tersebut bahwa oknum yang menyerupai petugas SE 2016 itu hingga rela melakukan tindak kejahatan kepada setiap respondennya.

Kepala BPS Kabupaten Tuban, Prayogo Setyo Widodo saat dikonfirmasi perihal kabar tersebut mengatakan, bahwa dirinya sudah mendengar kabar tersebut dari media sosial, namun dia meyakini bahwa isu tersebut bersifat tendensius tidak benar adanya. Bahkan, hingga saat ini juga tidak ada yang melapor jika memang hal itu benar adanya.

[Baca juga: Usaha Online Juga Disensus ]

"Sampai detik ini tidak juga ada yang melapor terkait tindak kejahatan tersebut jika memang ada," ujar Prayogo kepada blokTuban.com (Rabu, 11/5/16)

Selanjutnya dia membeberkan, untuk petugas SE itu sendiri juga dilengkapi seperti rompi dan topi serta atribut lainnya yang menunjukkan benar-benar orang tersebut adalah petugas SE 2016.

Prayogo menambahkan, apalagi yang menjadi petugas SE itu secara keseluruhan adalah orang yang berasal dari desa itu sendiri, jadi kemungkinan isu itu tidak benar adanya, karena besar kemungkinan kalau responden juga mengenal petugas SE itu.

"Saya kira ini hanya isu, namun demikian jika terdapat tindak kejahatan oleh Petugas SE silahkan untuk dilaporkan," pungkasnya.[nok/ito]