Hari Pertama, Wabup Monitoring Pelaksanaan UN

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) bagi pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di hari pertama ini dimanfaatkan Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husein untuk memonitoring sejumlah sekolah di Tuban, Senin (9/5/2016).

Ujian yang dilaksanakan selama empat hari kedepan ini cukup mendapat perhatian orang nomor dua di Tuban tersebut. Yaitu dimulai dari tanggal 9 Mei hingga 12 Mei 2016.

Menurutnya sejauh ini tidak ada hambatan berarti terkait pelaksanaan UN di Tuban. Kendati beberapa sekolah menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) rentan terjadi gangguan, namun persiapan terbilang baik. Sehingga pada hari pelaksanaan UN kecemasan dapat diminimalisir.

"Kuatirnya jika terjadi gangguan teknis, seperti server ngadat," kata pria asal Desa/ Kecamatan Rengel tersebut di sela kunjungan sekolah.

Diketahui pagi ini Wabup melakukan monitoring sedikitnya ke empat sekolah. Yakni Madrasah Tsanawiyah Negeri Tuban (MTsN), SMP Bina Anak Sholeh (BAS), SMP N 1 dan 3 Tuban.

Saat ditanya terkait garis keras standart kelulusan siswa, pria yang mengemban jabatan Wabup dua periode ini dengan tegas mengatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Selain nilai akademik pula proses belajar yang dilalui selama menjadi siswa.

"Tidak lulus ada banyak faktor, salah satunya karena (menyangkut) budi pekerti. Selain itu, harapan kita UN kali ini lebih baik. Sebab untuk kendali mutu dan standarisasi pendidikan kita," tambahnya.[dwi/ito]