Jajanan Pasar Dibagikan Saat Sedekah Bumi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Setiap desa pasti mempunyai sebuah tradisi dan adat istiadat beraneka ragam, dan itu merupakan warisan leluhur yang sampai saat ini tradisi tersebut masih melekat di masyarakat.

Seperti halnya tradisi sedekah bumi di Desa Manjung, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, yang diselenggarakan, Minggu (8/5/2016). Acara sedekah bumi ini masih terus dilestarikan dan diselenggarakan setiap usai musim panen.

Dalam tradisi yang telah turun-temurun ini, para warga dari berbagai usia berbondong-bondong membawa tumpeng dan berbagai macam jajanan pasar untuk dibagikan kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam acara ini.

Salah satu Perangkat Desa Manjung, Sarjono, mengaku, setiap usai panen sedekah bumi ini pasti selalu dilaksanakan. Bukan hanya berlokasi di Sumber mata air HIPAM Tirta Abadi saja, namun juga dilaksanakan di empat titik, salah satunya di Punden desa.

"Partisipasi warga sangat bagus, dan sangat antusias mengikuti acara sedekah bumi ini," ujar Sarjono kepada blokTuban.com.

Sarjono menambahkan, rangkaian sedekah bumi di Desa Manjung yang terdiri dari dua dusun tersebut diawali dari bersih-bersih, lalu acara inti dan diakhiri dengan doa bersama.

Kegiatan diikuti warga dari dua dusun dengan membawa berbagai macam jajanan pasar dan dipimpin perangkat desa dan tokoh masyarakat

"Berbagai macam jajanan pasar yang dibawa oleh warga dikumpulkan, dan setelah selesai baru dibagikan kepada warga yang ikut berpartisipasi acara ini," tambah Sarjono.[hud/col]