Naskah UN SMP Sudah Didistribusikan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Naskah Ujian Nasional (UN) telah didistribusikan pada masing-masing UPTD di Kecamatan berada, sebanyak 288 box soal telah dibagi di tiap-tiap kecamatan sesuai dengan jumlah kebutuhan peserta UN yang akan melaksanakan Ujian dari mulai tanggal 9-12 Mei.

Kepala Bidang Menengah SMP/SMA Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Nur Khamid mengatakan, untuk sekarang soal ujian nasional SMP sudah diserahkan ditiap-tiap UPTD, namun soal tersebut diamankan di Polsek masing-masing kecamatan, karena sedang dalam pengamanan agar tidak terjadi kebocoran soal.

"Jadi soal sudah ada di polsek, kemarin sudah diambil di Mapolres Tuban bersama UPTD Disdikpora dengan dikawal oleh Polsek masing-masing," ujarnya kepada blokTuban.com (Kamis, 5/5/2016)

Menurutnya, alasan ditaruhnya naskah di Polsek itu sesuai dengan prosedur karena merupakan dokumen negara dan sangat penting kerahasiaannya, jadi soal ujian akan diamankan hingga pada saat pelaksanaan dimulai. Dimanapun sekolah, pasti akan menggunakan prosedur itu, karena sudah merupakan ketentuan dan bentuk sinergitas antar lembaga negara.

"Saya berharap soal ini bisa terjaga dengan baik, tidak ada yang keluar atau terjadi bocor soal, oleh karena itu kita meminta bantuan polisi untuk mengamankan," pungkas Mantan Kepala SMAN 1 Soko tersebut.[nok/ito]