Target 8000 Kartu Nelayan Tuntas Tahun 2017

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Bantuan pemerintah pusat untuk kalangan nelayan, berupa kartu nelayan. Yang berfungsi layaknya jaminan bagi nelayan. Kendati demikian, di Tuban masih belum rampung pembuatannya.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan target pembuatan kartu nelayan di Tuban mencapai 8000 buah. Sampai saat ini kurang lebih 6000 data telah terverifikasi.

"Jumlah nelayan di Tuban sendiri mencapi lebih dari 18.000 orang. Paling lambat tahun 2017 sudah selesai," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Snarto, Rabu (4/5/2016).

Akan tetapi di lapangan kerap dijumpai nelayan berdasarkan kartu identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) tidak tercatat sebagi nelayan. "Sebagian mencantumkan sebagai wisaswasta," tambah Sunarto kepada blokTuban.com.

Ditekankan Sunarto, kartu nelayan layaknya kartu jaminan lainnya. Yakni diperuntukkan bagi keluarga golongan tidak mampu.

"Bila pekerjaan tidak sesuai KTP bisa mengajukkan surat keterangan dari kepala desa atau kelurahan setempat," ujar Sunarto memungkasi.[dwi/ito]