Pantai Sowan Sumbang 10 Persen PAD Pemkab

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Wisata Pantai Sowan yang berada di Kecamatan Bancar merupakan lahan dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Jatirogo ternyata selalu memberikan Pendapatan untuk Daerah Kabupaten Tuban setiap tahunnya. Hal itu disampaikan Adm Jatirogo, Achmad Basuki.

Dia menyatakan, setiap tahunnya pantai sowan memberikan pendapatan untuk Pemkab Tuban, pendapatan itu diperkirakan kisaran 10 persen untuk daerah, karena biar bagaimanapun secara geografis wilayah pantai ini berada di wilayah Kabupaten Tuban.

"Prosentasenya adalah 10 persen, jadi misal setahun dapat 500 juta yang diberikan kepada Pemkab ya 50 juta," kata Achmad kepada blokTuban.com (Selas, 26/4/16)

Menurutnya, jumlah prosentase sekian tersebut adalah nilai kotor, jadi berapapun yang didapat maka langsung disisihkan 10 persennya. Ya nanti setelah diberikan 10 persennya untuk Pemkab maka selanjutnya itu urusan Pemkab, sebab itu sudah menjadi haknya.

"Yang diberikan adalah pendapatan kotornya, bukan pendapatan bersihnya, nanti diatur Pemkab sendiri," ujarnya.

Diketahui, Pantai Sowan yang dimiliki KPH Jatirogo akan dilakukan kerja sama dengan Pemkab Tuban dalam pengelolaannya, kerja sama itu meliputi penyertaan modal dari Pemkab.[nok]