Kerap Ganggu Ternak, Ular Phyton ditangkap Warga

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sejumlah warga di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, sibuk menangkap ular phyton  berukuran cukup besar, Jumat (22/4/2016).

Ular yang ditangkap warga, berukuran sekitar 3 meter. Mempunyai diameter tubuh sekitar 10 centimeter dengan bobot 30 kilogram. Hampir seluruh kulit di tubuh ular itu bermotif dan bercorak bunga, atau kembang.

"Saya melihat ular ini ketika menyabit rumput," kata penemu ular, Joko Isnani, kepada blokTuban.com.

Usai melihat ular, dia lantas memberitahu salah satu temannya yang ada di lokasi sama. Mereka kemudian mengejar binatang melata itu, dan berusaha menyergap bersama-sama. Awalnya, mereka sempat kesulitan karena ulat melilit tangan mereka dan masih terlihat gesit.

"Lama kelamaan ular itu lemas, sehingga kami mampu menangkapnya dan memasukan ke dalam karung," kata Joko.

Sebelumnya, warga desa setempat mengaku sering kehilangan ternah. Mereka menduga, hilangnya ternak sejenis unggas karena menjadi santapan hewan melata. Terlebih, di desa itu sudah beberapa kali warga menemukan ular dengan ukuran yang terbilang besar.

"Selain ternak, kita juga takut ular ini berbahaya bagi anak kecil," kata warga lain, Ndari, kepada blokTuban.com. [pur/ito]