Ini Dasar Perayaan Ulang Tahun Sapi

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Seperti halnya manusia yang merayakan ulang tahunnya, sapi-sapi di Kabupaten Tuban tepatnya di Desa Tegalagung, Kecamatan Semanding juga merayakan hal serupa. Ya, para sapi ini juga merayakan ulang tahun layaknya manusia, mungkin ini hal aneh, tapi fenomena ini benar-benar terjadi.

Menurut Mbah Marsilan, Sesepuh di Dusun Ndlupang Desa Tegal Agung mengatakan, ulang tahun sapi adalah peringatan atas apa yang diberikan oleh sang pencipta, kenapa masyarakat merayakan tradisi ulang tahun sapi adalah karena sapi sering menemani aktivitas para petani seperti digunakan untuk membajak sawah.

"Jadi ulang tahun sapi adalah bentuk terimakasih atas rejeki yang diberikan tuhan kepada masyarakat tegal agung," kata pria berusia 55 tahun tersebut kepada blokTuban.com (Kamis, 21/4/16)

Meskipun sama-sama melaksanakan ulang tahun, namun ada sisi lain yang berbeda dalam perayaannya dengan manusia.

Menurutnya, dalam ulang tahun sapi ini makanannya adalah menggunakan ketupat dan lepet, lengkap dengan bumbu-bumbunya seperti biasanya, ada sambal dan kuah juga. Jika ulang tahun manusia menggunakan kue atau makan-makan nasi, namun ini tidak.

"Ketupatnya dibagi-bagikan kepada tetangga, para petani yang mempunyai sapi mengikuti ritual ulang tahun sapi, sebab ini sudah turun temurun dan diyakini sebagai peninggalan nenek moyang," pungkasnya.

Dalam ritual ulang tahun sapi ini diyakini masyarakat akan membawa dampak kesehatan bagi warga dan juga melancarkan rejeki.[nok/ito]