Uji Coba Boiler Selesai, PLTU Akan Hasilan 700 Mega Watt Listrik

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Uji coba alat boiler (penghasil uap) di PT Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, akhirnya dihentikan. Ujicoba selesai, karena kinerja alat ini menurut tim penguji sudah sesuai dengan standart yang ada.

Dengan begitu, ujicoba tersebut lebih cepat dibanding dengan waktu yang disediakan. Yakni 10 hari sejak mulai dilakukan ujicoba pertama kali pada Jumat (11/4/2016) yang lalu.

"Ujicoba sudah selesai dilaksanakan, memang waktunya lebih cepat karena ini menurut tim penguji sudah sesuai dengan standart," kata Bagian Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Hubungan Masyarakat (Humas) dan Lingkungan, Warsidi, Kamis (21/4/2016).

Dia mengatakan, setelah dinyatakan standart tim penguji. Alat ini akan dilakukan proses komisioning, atau serangkaian pemeriksaan kelayakan. Setelah itu, baru boiler akan dirangkaikan dengan sistem peralatan pendukung yang lain.

"Setelah proses itu selesai, barulah alat ini akan berfungsi untuk menghasilkan listrik," kata Warsidi.

Dengan begitu, PLTU Tuban saat ini mempunyai dua alat boiler. Satu boiler, mempunyai kekuatan menghasilkan listrik sampai 350 mega watt. Dengan begitu, apabila keduanya mulai beroperasi maka PLTU Tuban akan mampu menghasilkan sekitar 700 mega watt. Listrik ini akan dikoneksikan dan dipergunkan untuk Jawa Bali. [pur/ito]