Hah! Ada Ulang Tahun Sapi di Tuban

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kesan pertama mendengar kata ulang tahun maka akan terasa biasa mendengarnya. Namun, bagaimana jika ulang tahun terjadi pada salah satu hewan ternak sapi?, pastinya akan terasa asing dan unik. Fenomena ulang tahun sapi ini ada di Dusun Ndlupang Desa Tegal Agung Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Ulang tahun sapi biasanya dilakukan setahun sekali, jatuhnya pada bulan rajab dan ada kalanya pada saat hari lebaran idul fitri.

Pemilik sapi, Wiyaji mengatakan, ulang tahun sapi sudah menjadi rutinitas tahunan bagi warga, ritual ini telah menjadi agenda tetap warga desa, karena sapi selalu menemani masyarakat dalam berkegiatan sehari-hari, seperti digunakan sebagai alat membajak sawan bagi petani saat akan musim tanam.

"Banyak doa yang dipanjatkan masyarakat dalam merayakan ulang tahun sapi," kata Wiyaji, kepada blokTuban.com

Sementara itu warga lain Sudirman mengatakan hal sama, bahwa dalam perayaan ulang tahun sapi memang banyak doa yang dipanjatkan kepada sang pencipta, agar selalu diberikan kesehatan dan senantiasa dimudahkan rizkinya dalam menjalani hidup, sehingga tidak banyak diberikan cobaan.

"Ulang tahun sapi adalah bentuk rasa sukur terhadap apa yang diberikan tuhan bagi masyarakat sekitar," ujarnya.

Diketahui, tradisi ulang tahun sapi ini sudah dilakukan turun-menurun sejak berpuluh-puluh tahun, dan diyakini warga sebagai peninggalan nenek moyang. [nok/mu]