Uji Coba Boiler, PLTU Jamin Tidak Ada Bising

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com – PT Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) melakukan ujicoba alat boiler (mesin penghasil uap) selama beberapa hari terakhir. Selama proses ini, perusahaan menjamin tidak akan ada dampak bising yang dirasakan warga sekitar PT PLTU yang ada di Kecamatan Jenu. Diketahui, ujicoba mesin baru itu mempunyai potensi kebisingan. Apabila tekanan mesin ketika dinyalakan mencapai 10 Mega Pascal (MPa).

“Kita akan pertahankan di angka 6 Mpa, sehingga tidak ada dampak kebisingan yang bisa mengganggu warga,” kata Bagian Keselamatan Kerja dan Kesehatan (K3) dan Humas Lingkungan, Warsidi, Rabu (20/4/2016).

[Baca juga : Awas...Bising di Uji Coba Boiler PLTU ]

Dia menjelaskan, petugas juga sudah menempatkan tim monitoring di beberapa titik. Pada Selasa (19/4/2016) kemarin, di kawasan pemukiman yang ada di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, dengan jarak sekitar 750 meter nyaris tidak terdengar suara bising.

Seorang warga Jenu, Arif Wibowo, mengaku masih kerap mendengar suara bising ketika PLTU melakukan ujicoba. Hanya saja, kerasnya suara memang tidak sebising dengan ujicoba yang dilakukan di unit pertama dulu.

“Masih ada suara, tapi tidak sebising dulu,” kata Arif.

Diketahui, ujicoba alat boiler diperkirakan membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit, dan sudah dilakukan sejak Kamis (14/4/2016). Alat ini, merupakan mesin boiler unit dua yang akan menghasilkan 350 mega watt listrik. Kekuatan yang sama dengan boiler unit pertama yang sudah dipergunakan. [pur/ito]