Siswa-Siswi Nurul Anwar Parade Pakai Busana Adat Jawa

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka sambut Hari Kartini, ratusan siswa-siswi Yayasan Perguruan Islam Nurul Anwar (YAPINA) Desa Pakel, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban parade atau pawai di jalan dengan berbusana adat Jawa, Rabu (20/4/2016).

Yayasan yang terdiri dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),Roudlotul Atfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) tersebut terdapat ratusan siswa-siswi.

Hal ini bertujuan agar siswa-siswi tersebut mengenang jasa perjuangan RA Kartini semasa hidupnya, dan bisa menjadikan motivasi untuk belajar.

Salah satu guru yayasan tersebut, Sholeh Hanafi mengatakan, siswa-siawi sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Di samping itu orang tua anak-anak PAUD yang mendampingi pun juga ikut memakai busana adat jawa.

"Meskipun jarak arakan kurang lebih 3,5 kilometer, namun siswa-siswi sangat antusias mengikuti sampai selesai," ungkap Sholeh Hanafi kepada blokTuban.com

Kegiatan ini juga menampilkan beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang ada di yayasan tersebut yakni tonglek. Kegiatan tersebut, rangkaian penyambutan hari kartini saat ini diawali dengan upacara dan dilanjutkan dengan arakan. "Sebelum diarak tadi upacara dulu," tambahnya. [hud/ito]