Banyak Penerima Raskin Tak Tepat Sasaran

Reporter : Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Program Raskin (beras warga miskin) adalah salah satu program penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial di bidang pangan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat berupa bantuan beras bersubsidi kepada rumah tangga berpendapatan rendah (rumah tangga miskin dan rentan miskin).

Program Raskin bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran rumah tangga, sasaran dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras.

Camat Bangilan, Sartono mengatakan, bahwa di wilayahnya masih banyak ditemukan penerima Beras Miskin (Raskin) yang tidak tepat sasaran sehingga berimbas pada capaian target penyaluran.

"Masih banyak kita dengar penerima Raskin tidak tepat sasaran, bukan orang miskin saja, yang kayapun juga dapat" katanya saat sambutan di acara Reses DPRD Tuban, di Desa Kedungmulyo, Bangilan.

Sartono menambahkan, maka tidak boleh dicela orang miskin, sebab orang kaya pun setiap bulan secara tidak langsung merasakan bagiannya orang miskin, artinya justru yang miskin sedekah pada yang kaya.

"Kita tidak boleh semena-mena dengan tetangga kita, apalagi yang kurang mampu dan rentan terhadap kemiskinan, karena tidak langsung orang yang kaya dapat jatah Raskin, memakan bagiannya yang miskin" terang pak Camat. [rof/ito]