Semen Indonesia Gunakan Lahan KPH 1000 Hektar Lebih

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Semen Indonesia, salah satu pabrik yang ada di Kabupaten Tuban, yang secara wilayah administratifnya berada di Kecamatan Kerek, ternyata menggunakan lahan perhutani yang tidak sedikit, dalam operasionalnya. Bahkan, diketahui bahwa lahan yang digunakan untuk produksi ataupun pembuatan pabrik mencapai 1000 hektar (Ha) lebih.

Kaur Humas KPH Tuban, Sueb mengatakan, memang Semen Indonesia pabrik Tuban menggunakan lahan perhutani cukup luas, sejak awal lahan yang dipakai seluas 532,8 Ha, lahan tersebut digunakan dengan status pinjam pakai oleh Semen BUMN tersebut.

"Statusnya pinjam pakai, nanti kalau sudah tidak digunakan atau sudah selesai, maka perusahaan bertanggungjawab untuk melakukan konservasi, seperti penanaman dan pembuatan hutan," terang Sueb, kepada blokTuban.com

Selanjutnya Sueb menjelaskan, bahwa usai melakukan pinjam pakai, Perusahaan Semen terbesar di Indonesia tersebut melakukan pengembangan kembali dan membutuhkan lahan sedikit lebih banyak dari yang awal, adapun lahan yang dibutuhkan adalah seluas 544,4 Ha, itu diajukan sejak tahun 2012 lalu.

"Sudah digunakan lahannya, namun kesepakatan pengganti lahannya belum selesai, jadi istilahnya itu belum clear n clean antara KPH dengan Pihak ketiga," pungkasnya.

Diketahui, adapun kesepakatan pengganti lahan yang digunakan oleh pihak ketiga (perusahaan) adalah dengan perbandingan 1:1, 1:2, 1:3 untuk KPH. [nok/mu]

*Foto ilustrasi insert.jibi.net