Ngeri, Sehari Habiskan 20 Kepala Kambing

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com – Menu kepala kambing memiliki keistimewaan sendiri. Tidak tanggung-tanggung, dalam satu hari warung milik Sakirun (48) ini, mampu menghabiskan 20 kepala kambing.

Untuk dapat menikmati satu porsi kepala kambing, terdapat harga yang pantas dari warung sederhana yang berada di Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko. Harga satu kepala kambing utuh dipatok mulai Rp70.000 sampai Rp160.000.

"Tergantung besar kecil berat kepala kambing. Dari yang kecil mulai satu seperempat kilogram, hingga yang besar hampir tiga kilogram lebih," ujar Sakirun, kepada blokTuban.com.

Sejak tahun 1983, warung tersebut tetap eksis di kalangan pecinta kuliner, khususnya kuliner daging kambing. Tidak hanya itu, pembeli juga datang dari beberapa kalangan dan derah luar Tuban.

"Prosentase 25 persen pelanggan dari daerah Tuban seperti Senori, Tambakboyo, Paciran dan Brondong, sisanya berasal dari Bojonegoro, Lamongan dan Nganjuk," kata Mbah Run, begitu orang memanggilnya.

Keberadaan lokasi puluhan kilometer tidak menyurutkan niat para pemburu kuliner untuk mencicipi kelezatan kepala kambing. Salah satu menu yang menjadi andalan warung Bonek yang berlokasi di Desa Bangunrejo, Soko, Tuban.

Setiap pembeli, lanjut Sakirun, dapat menghubungi satu hari atau beberapa jam terlebih dahulu. Supaya pesanan dipersiapkan lebih awal. Baru setelah dimasak, dimasukkan ke dalam lemari pendingin, kemudian setelah pembeli datang bisa dihangatkan lagi.

"Sesuai aturan kesehatan, daging sebelum dikonsumsi harus dimasukkan lemari pendingin terlebih dahulu. Apapun jenis daging, lebih baik masuk kulkas, minimal 4 jam dan untuk lebih baik 8 jam supaya bakteri mati," tambahnya.

Selain harga murah, Sakirun percaya rasa menjadi kunci eksistensi warung yang didirikan pria yang mengaku tidak bisa menulis ini. [dwi/rom]