Longsor, Ranting Bambu untuk Tanda Keselamatan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Longsornya jalan poros kecamatan yang menghubungkan antar desa yakni Desa Mulyoagung dan Desa Mergosari Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban sudah terjadi sejak lama.

Namun sampai saat ini jalan yang merupakan akses utama Desa Mergosari menuju ke Kecamatan tersebut belum juga diperbaiki.

Dapat dipastikan apabila jalan tersebut tidak segera diperbaiki akan menyebabkan longsornya semakin lebar, pasalnya dari pantauan blokTuban.com saat ini jalan tersebut sudah longsor hingga kedalaman kurang lebih tiga meter dan lebar sampai 1,5 meter.

Salah satu warga Jari (60) mengaku terjadinya longsor tersebut sudah hampir dua bulan, yakni pada saat hujan mengguyur terus menerus didesa tersebut.

"Sudah lama mas, sekitar dua bulanan saat itu hujan masih gencar mengguyur," ungkap jari kepada bT sapaan akrab blokTuban.com, Jumat (8/4/2016).

Berhubung pinggir jalan tersebut adalah sungai yang dalam, sehingga jalan tersebut semakin dalam yang longsor, yang membahayakan pada saat hujan jalan tersebut akan semakin terkikis mengikuti sungai tersebut.

Lanjut Jari, Keadaan seperti ini warga menginginkan agar jalan poros tersebut untuk secepatnya diperbaiki karena sangat mengganggu para pengguna jalan.

"Untuk harapan warga ya ingin agar jalan tersebut segera diperbaiki," tambah Jari.

Untuk sementara ini warga memberi tanda ranting-ranting bambu dan sak, agar pengguna jalan saat malam hari bisa mengantisipasi saat melintas. [hud/rom]