Ribuan Orang Ikut Sedekah Bumi di Desa "Seribu Tower" Ngandong

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ribuan orang dan puluhan pedagang memadati tempat pertapaan Mbah Endangsari atau Mbah Andong yang berada di Atas Kayangan Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban.

Para warga yang datang bukan hanya dari wilayah Desa Ngandong sendiri, namun dari berbagai wilayah juga ikut andil dalam acara Sedekah Bumi yang diselenggarakan setiap tahun setelah panen.

Kepala Desa Ngandong Suiswanto menjelaskan, selain dari Kecamatan Grabagan sendiri banyak juga dari kecamatan sekitar, seperti Kecamatan Semanding, rengel juga ikut andil dalam sedekah bumi yang dilakukan setiap tahun tersebut.

"Para masyarakat datang dari berbagai wilayah, dan tidak sedikit masyarakat yang membawa hasil dari bumi desa sekitar, dan berbagai macam makanan," jelas Kepala Desa Ngandong Suiswanto kepada blokTuban.com, Kamis (7/4/2016).

Salah satu warga yang hadir, Satuwo (50) mengatakan, tadi malam ia telah ikut andil saat acara panggang ayam, namun untuk mengikuti kegiatan pamungkas ia hadir lagi untuk menyaksikan prosesi doa bersama.

"Sejak tadi malam sedekah bumi ini sudah ramai," kata Satuwo.

Diketahui bahwa tempat yang dipergunakan untuk sedekah bumi terdapat di pertapaan Mbah Andong yang berada di atas kayangan yang terdapat puluhan tower dari berbagai stasiun televisi.[hud/ito]