Agro Raya Montong, Kembangkan Srikaya Jumbo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Agro Raya Montong, tepatnya di Desa Montong Sekar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban telah mampu mengembangkan bibit pohon buah srikaya berukuran jumbo (New Varietas).

Pada umumnya, buah srikaya lokal hanya berukuran sekepalan tangan orang, dan mempunyai bobot kurang lebih antara dua ons sampai tiga ons.

Tetapi, kali ini di Agro Raya yang merupakan tempat pembibitan buah dan sayuran unggul tersebut, mengembangkan bibit pohon buah srikaya bervarietas unggul yakni srikaya jumbo.

Perintis Agro Raya, Suliyadi (49) mengatakan, bibit ini sudah dikembangkan sejak lama, namun kebanyakan para masyarakat masih banyak yang berminat dengan srikaya lokal. Selain itu, srikaya jumbo ini juga belum begitu familier di telinga masyarakat.

"Sudah lama, selain itu bibit juga sudah tersedia namun belum begitu familier," ujar Suliyadi, kepada blokTuban.com.

Disamping buah tersebut rasanya manis dan ukuran juga lumayan besar, bobotnya pun bisa mencapai satu kilogram. Sehingga dinamakan srikaya jumbo.

Setiap satu batang bibit pohon srikaya jumbo dibandrol dengan harga antara Rp30 ribu sampai Rp40 ribu. "Untuk harga bervariasi tergantung ukuran bibit pohon," tambah Suliyadi. [hud/rom]