Didemo Warga saat Evakuasi Kecelakaan Beruntun

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Salah satu sosok pemimpin yang tegas, serta memiliki sikap mudah membaur dengan masyarakat ada di Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban.

Sosok tersebut ialah, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ali Kanafi, yang saat ini kurang lebih satu tahun menjabat sebagai Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Grabagan.

Sebelum menjabat sebagai Kapolsek Grabagan, suami dari Mimin itu, mendapat tugas pertamanya ia jalani di Polres Berau, Polda Kalimantan Timur (Kaltim) pada tahun 1987-1996. Setelah melakukan tugasnya di Kaltim, Ali Kanafi bertugas di Polwil Bojonegoro, tepatnya pada tahun 1996-2001.

"Alhamdulillah pernah bertugas di luar pulau jawa dan mendapatkan banyak pengalaman di sana," terang Kapolsek kelahiran Tuban tersebut.

Selain hal itu, cara mengabdikan dirinya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ali Kanafi, patut untuk diteladani oleh para pengayom masyarakat. "Mengutamakan kebersamaan dan tidak memandang status masyarakat, saat kapan pun apabila masyarakat membutuhkan bantuan, saya siap melayani," tegasnya, saat ditemui blokTuban di Mapolsek Grabagan.

Kritikan masyarakat tidak menjadikan bapak dua anak ini kendor dalam bertugas, malah kritikan tersebut menurut Ali Kanafi, menjadi salah satu penyemagat saat bertugas, dan merupakan bahan masukan untuk berintrospeksi diri, untuk melakukan hal yang lebih baik.

"Kritikan masyarakat merupakan masukan atau bahan untuk berintrospeksi diri saya pribadi, agar menjadi lebih baik," sambungnya.

Dalam kesempatan kali ini, Kapolsek Grabagan yang juga mempunyai hobi olahraga Tenis tersebut, berbagi pengalaman yang sangat berkesan kepada blokTuban.com, saat ia bertugas.

Pada tahun 2007, saat itu dirinya tengah Dinas di Kabupaten Lamongan, dan melakukan evakuasi kecelakaan beruntun, yang korban meninggalnya sampai 17 orang. Namun pada waktu mendatangkan alat berat, saat akan melakukan evakuasi yang melewati sebuah kampung, warga melakukan demo agar alat berat tersebut tidak lewat jalan perkampungan.

"Saat melakukan evakuasi korban kecelakaan beruntun di Kabupaten Lamongan, tepatnya di Kecamatan Brondong, alat berat yang didatangkan untuk evakuasi, malah didemo oleh warga setempat," pungkasnya.

Saat ini Kapolsek kelahiran tahun 1966 tersebut, mempunyai pedoman saat bertugas, yakni berusaha memaksimalkan segala kegiatan dan amanah yang saat ini diemban. [hud/rom]

Profil singkat Kapolsek Grabagan
Nama   : AKP Ali Kanafi.SH
TTL    : Tuban 24 Januari 1966
Istri  : Mimin
Anak   : 1. Bobby rachman. H
         2. Billy Firdaus. H
Alamat : Gang Sakura N0.3 RT: 1 RW: 1 Krajan Desa Bejagung, Kecamatan Semanding.