SMP NU Hidayatul Ulum Lakukan Penghijauan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Salah satu penyebab terjadinya banjir bandang adalah karena kondisi hutan gundul atau banyaknya penebangan liar. Hal itu yang membuat hati para siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) NU Hidayatul Ulum Desa Talun, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban melakukan penghijauan.

Kegiatan penghijauan sendiri dilakukan di sekitar lingungan sekolah, dan diikuti oleh siswa-siswi dari tiga kelas yang berjumlah sekitar 130 siswa.

Salah satu guru sekolah setempat, Ali Masrurin mengatakan, penghijauan ini dilakukan agar siswa-siswi SMP NU ini mengerti sejak dini tentang pentingnya penghijauan sekaligus mengenal lingkungan. Dan, agar kelak mereka juga ikut turut menjaga hutan agar tidak gundul yang bisa mengakibatkan bencana alam seperti banjir bandang.

"Siswa-siswi sangat antusias mengikuti kegiatan penghijauan ini, selain menanam pohon siswa juga mendapatkan materi di luar kelas," terang Rurin, sapaan akrabnya kepada blokTuban.com, Sabtu (12/3/2016).

Dalam kegiatan ini, siswa-siswi melakukan penanaman pohon jenis Mahoni, Trembesi dan yang lainnya. Diharapkan, selain dapat meminimalisir polusi udara, pohon tersebut juga mempunyai banyak manfaat bagi orang lain, terutama alam ini.

"Diharapkan pohon-pohon yang telah ditanam memiliki manfaat bagi orang lain, yakni dapat meminimalisir polusi udara dan juga dapat menghindari terjadinya banjir," pungkasnya. [hud/rom]